Trump Puji Putra Mahkota Arab Saudi di KTT G20

Presiden Amerika Donald Trump memuji Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman ketika keduanya bertemu di sela-sela KTT G20 di Osaka, Jepang; dengan menyebutnya sebagai “sahabat saya” yang telah melakukan “pekerjaan spektakuler di dunia.”

Trump hari Sabtu (28/6) mengatakan ia menghormati pembelian peralatan militer Amerika oleh Arab Saudi dan mengatakan Pangeran Mohammed bin Salman telah membuka negaranya dengan reformasi ekonomi dan sosial.

Trump menolak menanggapi pertanyaan dari media tentang apakah ia akan menyampaikan isu kematian wartawan Arab Saudi, yang juga kolumnis suratkabar The Washington Post, Jamal Khashoggi. Pangeran Mohammed bin Salman telah menghadapi kecaman internasional sejak pembunuhan Khashoggi di kantor konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, tahun lalu.

Setelah sarapan pagi dan pertemuan Sabtu (29/6) pagi, Gedung Putih mengatakan kedua pemimpin melakukan pertemuan produktif dan membahas meningatnya ancaman dari Iran, perlunya memastikan stabilitas pasar minyak dunia dan pentingnya isu-isu HAM.

Trump dijadwalkan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping Sabtu sore untuk berupaya memulai kembali perundingan perdagangan antar kedua negara, yang gagal bulan lalu. (em)

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: