Tersedak Jarum Pentul, Kasus yang Paling Sering Terjadi Saat Ini

Liputan6.com, Jakarta Bagi wanita berhijab yang punya kebiasaan meletakkan jarum pentul di bibir diharapkan berhati-hati. Kebiasaan tersebut dapat berbahaya, karena bisa menyebabkan jarum pentul masuk ke dalam saluran pernapasan yang bisa membuat Anda tersedak.

“Di RS Persahabatan, kami sering menangani pasien perempuan dewasa yang tersedak akibat jarum pentul. Mereka meletakkan jarum pentul di bibir sambil kedua tangan merapikan jilbab. Lantas mendadak tersedak,” ujar dokter spesialis paru konsultan Dicky Soehardiman dalam siaran Live Streaming Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Kamis (29/8/2019).

Tersedak jarum pentul yang diletakkan di bibir bisa terjadi saat pasien batuk, bersin, ditepuk teman, dan terburu-buru memasang jilbab.

“Kita terkadang melihat juga kan perempuan merapikan jilbab di motor. Lalu jarum pentulnya diletakkan di bibirnya,” kata Dicky.

Kejadian tersedak jaurm pentul ini membuat perempuan langsung pergi ke rumah sakit. Pengambilan jarum pentul akan dilakukan dokter. Benda asing itu pun harus segera dikeluarkan dari saluran pernapasan agar pasien bisa terselamatkan.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: