Terinspirasi Gitar Jimi Hendrix, Pesawat Flying-V Siap Mengudara Tahun 2040

Suara.com – Apa jadinya jika gitar Flying-V milik gitaris legendaris, Jimi Hendrix diadaptasi bentuknya menjelma sebuah pesawat terbang?

Gagasan itulah yang muncul di benak Justus Benad, seorang mahasiswa Universitas Teknik Berlin di Jerman. Pesawat Flying-V rancangannya diproyeksikan akan menjadi pesawat hemat bahan bakar, yang bahkan jauh lebih hemat ketimbang pesawat komersial pada umumnya.

Betapapun memiliki kapasitas penumpang yang nyaris sama, pesawat Flying-V diklaim dapat menggunakan bahan bakar 20 persen lebih sedikit ketimbang pesawat Airbus A350-900, dan sanggup menampung hingga 314 penumpang.

Meski memiliki bentuk yang tak lazim ketimbang pesawat pada umumnya, pesawat Flying-V memiliki lebar bentang sayap pesawat yang disesuaikan dengan lebar sayap pesawat tipe Airbus A350.

Sehingga pesawat berdesain futuristik ini memungkinkan masuk dalam parkiran bandara, dan otoritas bandara setempat tak perlu melakukan konfigurasi pada ground terlebih dahulu.

Laporan CNN menyebut, pesawat Flying-V rancangan Justus Benad lantas menarik minat para peneliti dari Universitas Teknologi Delft di Belanda.

Bekerja bersama maskapai penerbangan KLM Royal Dutch Airlines, pesawat yang dinilai sebagai batu loncatan dalam dunia penerbangan ini diharapkan dapat dioperasikan secara komersial sekitar tahun 2040 dan 2050 mendatang.

Sementara itu, di tengah proses perakitannya yang masih membutuhkan sejumlah pengujian ketat, piranti badan pesawat Flying-V pertama diharapkan dapat dipertunjukkan kepada publik Amsterdam pada Oktober 2019, bertepatan dengan perayaan ulang tahun KLM yang ke-100.

Source link
(Andrew Hidayat/Satelit.co.id)
Penulis: Andrew Hidayat 
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: