Sampul Edisi Awal Komik Tintin Terjual 1,1 Juta Dolar AS

Sampul edisi awal komik Tintin dilelang di Heritage Auctions.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON– Sebuah gambar asli yang digunakan untuk sampul komik Tintin yang pertama diterbitkan laku terlelang dengan nilai 1,1 juta dolar AS di rumah Heritage Auctions, Belgia, Sabtu (8/6). Dilansir dari Channel News Asia, ilustrasi Tintin Herge (nama samaran kartunis Belgia Georges Remi), menunjukkan reporter muda itu duduk di atas tunggul pohon yang mengukir baling-baling darurat untuk pesawatnya setelah baling-baling aslinya rusak dalam pendaratan kasar di suatu tempat di Uni Soviet.

Komik Tintin telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 70 bahasa. Semula bermula pada 1929, saat Herge yang berusia 22 tahun masih menceritakan kisah jurnalis muda di halaman Le Petit Vingtieme (The Little Twentieth), suplemen anak-anak untuk Belgia  harian Le Vingtieme Siecle (Abad ke-20). Serial Tintin berseri terbukti sangat populer sehingga segera Le Petit Vingtieme menerbitkannya dalam 16 halaman, pada 13 Februari 1930, Tintin memiliki sampul utamanya sendiri.

Hanya beberapa bulan kemudian, komik pertama yang menjadi dua lusin seri – “Tintin di Tanah Soviet” – diterbitkan. Hingga kini, lebih dari 200 juta buku Tintin telah terjual di seluruh dunia.

Sebagian besar ilustrasi sampul klasik Tintin dipajang di Museum Herge di Kota Belgia, Louvain-la-Neuve. Sampul yang terlelang pada Sabtu, dengan tinta dan kuas India, ditandatangani oleh Herge. 

Seorang juru bicara Heritage Auctions, mengatakan kepada AFP bahwa ilustrasi itu, yang muncul di Brussel, adalah salah satu “ilustrasi sampul langka yang ditandatangani oleh Herge di tangan pribadi.” Selama kariernya, Herge jarang meninggalkan Belgia.  Herge meninggal pada 1983.

 

Source link
(Andrew Hidayat/Satelit.co.id)
Penulis: Andrew Hidayat 
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: