Kuliner Andalan Andrew Hidayat di Kota Yogyakarta, Mantabb!!!!

Satelit InformasiKuliner Andalan Andrew Hidayat di Kota Yogyakarta, Mantabb!!!! Siapa lho yang tidak tahu gudeg? Makanan khas asal Indonesia yang mudah ditemui dari penjual keliling, pedagang kaki lima hingga sekelas restoran. Tapi tahukah kamu bahwa membuat gudeg itu membutuhkan kesabaran dan waktu yang lama untuk mendapatkan cita rasa yang maknyuss. Pengen lebih kenal lebih dalam tentang gudeg? Yuk simak artikel dari Andrew Hidayat ini. (Baca: 5 Kuliner Indonesia Yang Bisa Bikin Kamu Ngiler Menurut Andrew Hidayat)

APA ITU GUDEG?

Makanan dari Jogja kesukaan Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Makanan dari Jogja kesukaan Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Gudeg merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Gudeg pembuatannya menggunakan nangka muda yang dimasak dengan santan. Memang dibutuhkan waktu berjam jam untuk memasak gudeg. Warna coklat pada gudeg dihasilkan dari daun jati yang dimasak bersama dengan nangka muda.

Baca juga: 

ASAL USUL GUDEG

Masih simpang siur mengenai asal usul gudeg dan kapan gudeg ditemukan. Ada beberapa versi mengenai asal usul gudeg. Yang jelas adalah gudeg memang makanan khas dari Yogyakarta. Ada yang mengatakan bahwa gudeg berasal dari dalam keraton Yogyakarta. Anggapan bahwa gudeg berkembang dari dalam Keraton Yogyakarta sering didasarkan pada makanan kegemaran keluarga Kraton yakni gudeg manggar. Manggar adalah bakal buah atau putik bunga kelapa. Dibanding gudeg biasa yang terbuat dari nangka muda, gudeg manggar relatif lebih susah dijumpai dan pembuatnya pun hanya orang-orang tertentu.

 Ada juga yang beranggapan bahwa asal usul gudeg berawal dari zaman penjajahan ketika para budak Belanda membatasi makanan kepada mereka. Karena pada waktu itu nangka muda mudah untuk diperoleh maka disaat mereka lapar, nangka muda pun dimasak. Dari situ terdapat kenikmatan yang luar biasa ketika nangka muda semakin sering dimasak semakin rasanya nikmat.

Ada juga yang beranggapan bahwa gudeg berawal dari kata It’s good, Dek! Alkisah seorang bule yang menikahi wanita pribumi alias orang Jawa meminta untuk dibuatkan masakan nangka muda. Nah, ketika si bule itu merasakan rasa yang enak, dia bilang kepada istrinya, It’s good, Dek!. Nah pada saat itu untuk memudahkan menyebut masakan nangka muda dinamai lah gudeg. Good Dek.. Lucu yaa!!!

Baca juga: 

Ada satu lagi yang menarik, apakah pohon nangka sama nangka muda (gori) itu sama? Kemaren sempet pulang ke kampung halaman dan bertanya kepada nenek. Ternyata pohonnya berbeda. Perbedaannya belum sempat melihat secara live, karena yang dirumah hanya ada pohon nangka. Yang jelas pada buahnya, gori lebih banyak durinya dibandingkan dengan buah nangka.

Kalau kamu mampir ke Yogyakarta kamu bisa mengunjungi tempat tempat gudeg terkenal dan enak.

Nah buat kamu yang pengen coba bikin gudeg hasil karya sendiri tapi bingung resepnya apa aja? Ada nih tutorial lengkap di channel IndonesianFoods Youtube.

Bagaimana? Mudah atau susah? Cobalah sesekali! Salam ….

Sumber: http://live.pi-home.com/2018/03/15/kuliner-andalan-kota-yogyakarta/

Penulis: Andrew Hidayat
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: