Ini Jawaban Kostrad Cilodong Soal Kondisi Mini Zoo yang Viral di Medsos

Suara.com – Foto viral yang menampilkan kondisi memprihatinkan kebun binatang mini di area kolam renang Tirta Gupti di dekat area Markas Divisi Infanteri 1/Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Cilodong, Depok, Jawa Barat mendadak viral melalui media sosial.

Dalam foto yang beredar, tergambar beberapa kondisi kandang yang digunakan untuk memelihara beberapa hewan terlihat kotor. Menanggapi hal tersebut, Kepala Penerangan Kostrad Kolonel Inf Adhi Giri Ibrahim membenarkan adanya kondisi tersebut.

“Iya benar itu di kondisi Divisi 1 Kostrad Cilodong,” kata Kolonel Inf Adhi Giri, Rabu (12/6/2019) kepada wartawan.

Ia menjelaskan kondisi yang tidak layak tersebut disebabkan membludaknya jumlah pengunjung beberapa hari lalu, saat libur Lebaran.

“Memang sempat kotor karena beberapa hari lalu, ramai pengunjung sekitar dan banyak yang asal memberi makan tanpa memperhatikan kebersihan,” tuturnya.

Adhi mengakui kondisi itu terjadi lantaran pengawasan yang kurang terhadap kebun binatang. Hal ini terjadi akibat jumlah petugas yang minim lantaran cuti.

“Memang kemarin saat libur Lebaran banyak sekali pengunjung yang datang dari daerah sekitar dan kemungkinan pengawasan yang kurang dari petugas karena kebetulan sebagian sedang izin cuti sehingga banyak pengunjung yang memberi makan tanpa memperhatikan kebersihan,” bebernya.

Adhi menambahkan, saat ini kondisi kebun binatang sudah tampak normal usai dibersihkan.

“Minizoo itu juga sudah diberi papan peringatan yang lebih jelas untuk pengunjung tidak sembarangan memberi makan hewan,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan balai konservasi untuk kelanjutan pemeliharaan hewan-hewan tersebut.

“Ya apabila diperkenankan tetap dipelihara di sana (Kostrad Cilodong) sebagai sarana edukasi bagi anak-anak. Atau diserahkan ke kebun binatang atau pihak balai,” tandasnya.

Sebelumnya, para pegiat pencinta binatang dibuat gusar oleh kondisi mini zoo di Markas Divisi Infanteri 1/Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) di Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Kondisi mini zoo di sana mendapat banyak sorotan publik setelah akun jejaring sosial Twitter @halocilukba mengunggah foto-fotonya, Senin (10/6/2019) kemarin. Disebutkan, foto-foto tersebut diambil pada Minggu (9/6/2019).

Kolam yang dihuni buaya tampak sangat kotor hingga berwarna hijau pekat. Dikabarkan, kura-kura pun juga hidup di sana. Tak hanya itu, burung kasuari yang dipelihara di markas Kostrad Cilodong juga terlihat mengenaskan.

Selain harus terperangkap dalam kandang yang kotor, burung kasuari di sana juga tidak diberi makanan yang layak. Disebutkan, tumpukan pisang di ember dalam kandang telah membusuk, bahkan berlendir. Sama seperti nasib burung khas Papua, monyet di sana juga harus mendiami kandang yang penuh sampah dan juga batu bata yang berserakan.

Pengguna akun @halocilukba mengaku sungkan untuk menanyakan langsung kondisi tersebut saat berkunjung ke lokasi.

Ia pun memutuskan untuk menyebarkan potretnya ke Twitter, dengan maksud memberi tahu pihak-pihak lain yang peduli agar bisa membantu memperbaiki kehidupan satwa di mini zoo Kostrad Cilodong. Rupanya banyak warganet yang menaruh perhatian pada kondisi lingkungan mini zoo itu. Cuitan dari @halocilukba pun telah di-retweetlebih dari 12 ribu kali.

Cuitan yang seketika viral itu bahkan telah sampai ke Pemkot Depok. Melalui akun Twitter @pemkotdepok, mereka menjawab, “Baik, terima kasih. Laporan dapat disampaikan melalui aplikasi SIGAP Kota Depok.”

Organisasi kesejahteraan hewan Garda Satwa Indonesia pun ikut turun tangan, dengan membantu membagikan kabar tersebut ke media sosial dan menghubungi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat (BBKSDA Jabar).

Kontributor : Supriyadi

Source link
(Andrew Hidayat/Satelit.co.id)
Penulis: Andrew Hidayat 
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: