Dua Kunci Awal dalam SEO

Dua Kunci Awal dalam SEO

Dua Kunci Awal dalam SEO (Image: Medium.com)

Satelit InformasiDua Kunci Awal dalam SEOSearch Engine Optimization atau SEO sebenarnya tidak hanya berbicara tentang kata kunci saja. Walaupun tahapan awal dalam mengoptimalkan sebuah situs adalah dengan memasukan kata kunci yang tepat dan low competition, namun nyatanya masih ada hal lainnya yang harus Anda perhatikan untuk membuat situs Anda berada pada halaman pertama mesin pencarian online. Dalam hal ini, hal yang harus Anda perhatikan adalah organisasi dalam situs Anda sendiri. Ada dua hal yang harus Anda lakukan terlebih dahulu sebelum lanjut ke tahap riset kata kunci. Dua hal itu adalah relevansi dan kualitas dari situs Anda sendiri. Tentu saja sebelum jauh memikirkan tentang pengoptimalan kata kunci, Anda harus mengurus situs Anda sendiri terlebih dahulu.

Menurut Andrew Hidayat yang merupakan seorang pakar SEO, hal pertama adalah dengan membuat situs Anda relevan dengan tema yang Anda pilih. Sebagai contoh saja, apabila situs Anda berbicara tentang makanan, minuman atau hal kuliner lainnya, janganlah coba-coba untuk memasukan konten tentang hal lainnya, seperti otomotif, pendidikan, olahraga ataupun hal yang tidak relevan lainnya. Dengan membuat konten yang relevan, hal ini pun nantinya akan memudahkan situs Anda dalam pengembangannya dan juga pengoptimalannya. Adapun apabila Anda memang membahas lebih dari satu topik dalam situs tersebut, cobalah untuk menyeimbangkan semua konten tesebut agar tidak ada berat sebelah. Membuat segala hal di dalam situs tersebut menjadi relevan adalah tahapan awal yang harus Anda lakukan untuk membuat situs yang berkualitas.

Hal selanjutnya menurut Andrew Hidayat adalah kualitas. Kualitas di sini mencakup berbagai macam hal. Hal yang pertama tentu saja dalam penyampaian redaksi dari situs tersebut ataupun tulisan dalam situs tersebut. Buatlah sebuah tulisan atau artikel yang berkualitas dengan tidak asal-asalan. Contohnya dengan mempermanenkan gaya bahasa yang akan Anda gunakan. Baik itu formal ataupun informal, semua tergantung selera Anda, namun pastikan bahwa Anda konsisten dalam setiap pemilihannya. Contoh lainnya adalah dengan membuat pengunjung nyaman dengan situs yang Anda miliki. Buatlah sebuah situs yang terorganisir dengan rapih, memudahkan dalam hal eksplorasi, dan juga membuat pembaca merasa nyaman. Dalam hal ini kita berbicara tentang kualitas dari semua konten dalam situs Anda. Hal ini akan sia-sia apabila situs Anda sering dikunjungi namun meninggalkan kesan negatif pada setiap pengunjungnya. Oleh karena itu, perbaikilah segala halnya dari sisi dalam terlebih dahulu. Apabila Anda sudah merasa situs Anda cukup relevan dan juga berkualitas, baru lah Anda bisa beranjak ke teknik SEO selanjutnya.

Dikutip dari ITNews, Situs yang relevan dan berkualitas, kedua hal ini adalah tahapan awal yang harus Anda capai sebelum pada akhirnya Anda menggunakan jasa SEO untuk mengoptimalkan situs Anda. Pada akhirnya, selain situs Anda akan lebih banyak dikunjungi, situs Anda pun akan meninggalkan kesan positif pada setiap pengunjungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: