Andrew Hidayat: Kenali Tipe Peminjam, Jangan Sampai Utangnya Melas, Bayarnya Males

Satelit Informasi – Andrew Hidayat: Kenali Tipe Peminjam, Jangan Sampai Utangnya Melas, Bayarnya Males. Manusia terlahir sebagai makhluk sosial yang punya perasaan untuk peduli dengan lingkungan sekitarnya. Berkat rasa ini manusia akan punya empati dan simpati jika orang di sekitarnya sedang mengalami kesusahan.

Seperti misalnya ketika seorang teman yang datang ke kita untuk meminjam uang dengan alasan ada keperluan yang mendadak. Maka kita tidak berpikir panjang untuk memberikannya bantuan meminjaminya uang. Meskipun belum tentu alasan yang di gunakan tersebut alasan yang sebenarnya atau mengada – ada. Ada baiknya kita mengenal beberapa tipe peminjam agar uang yang kita pinjamkan kembali tepat pada waktunya.

Si Tepat Waktu

Kalau ente punya teman dengan tipe seperti ini, ga perlu khawatir lah jika dia mau meminjam uang ke kita. Karena tanpa di ingatkan pun dia pasti bakal berinisiatif buat bayar hutangnya tepat waktu sesuai dengan yang sudah di sepakati di awal.

Si Pelupa

Lupa, sifat yang pada dasarnya ada pada setiap diri manusia. Tapi ada yang lupanya biasa saja atau dengan kata lain bisa mengendalikan kelupaannya. Sadar akan kekurangannya tersebut, dia mencatat apa aja yang perlu di ingat, termasuk hutang. Ada pula yang lupanya akut. Kalau udah gini gak usah sungkan – sungkan buat nagih kalau udah waktunya bayar.

Si Ngelupa

Kalau di point sebelumnya memang dia pelupa, tapi masih ada usaha supaya gak lupa dengan mencatat hal – hal yang penting. Kalau yang ini sebenarnya daya ingatnya kuat tapi ya gitu suka pura – pura ngelupa. Kalau pas di tagih hutang, langsung jadi auto amnesia. Yang kayak gini mah kalau pinjem lagi gak usah di kasih Gan.

Si Penipu

Yang ane maksud penipu di mari bukan dalam artian menipu tidak mau membayar hutangnya. Tapi orang yang masuk kategori si penipu bakalan baik dan lancar pembayarannya saat kita pinjami pertama kalinya. Tapi saat kita sudah memberi kepercayaan lebih dan memberikan pinjaman dengan nominal yang lebih besar, dia akan mulai banyak alasan.

Si Banyak Alasan

Berbagai alasan akan di sampaikan orang dengan tipe ini saat di tagih hutangnya. Mulai dari kebutuhan yang mendesak, gaji yang belum cair, usaha sedang tidak lancar, atau keluarga sedang di timpa musibah. Yang pada intinya secara tidak langsung mengatakan bahwa mereka belum ada uang untuk membayar utangnya. Yang seperti ini membuat orang yang menagihnya menjadi iba dan mengurungkan untuk menagih.

Si Siluman

Bagaikan belut, tipe orang yang kayak gini licin bener. Hobinya ngilang terus, bahkan bisa di bilang seperti hilang di telan bumi. Di telepon aktif sih tapi nggak di angkat. Di sms, bbm, whatsApp juga gak di respon. Yang ada, malah kita kayak debt collector aja padahal mau nagih duit kita sendiri.

Nah, supaya tau orang – orang yang mau minjam uang ke kita termasuk kategori yang mana, ada baiknya kita lihat rekam jejaknya. Bisa bertanya dengan orang di sekitar si peminjam. Atau jika ente ragu tapi sungkan jika tidak meminjaminya, ente bisa meminjaminya dengan nominal lebih sedikit dari yang ia mau pinjam. Dan banyak – banyaklah berdoa semoga orang yang kita pinjami termasuk kategori yang pertama. Tidak perlu nagih, jika sudah waktunya bakalan mau bayar.

Demikian Andrew Hidayat: Kenali Tipe Peminjam, Jangan Sampai Utangnya Melas, Bayarnya Males agar kita semua bisa membedakan tipe-tipe orang berhutang. Kenalilah semua tipe orang berhutang disekitar anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: