Alasan Andrew Hidayat Mengapa Kita Harus Lakukan Reduce, Recycle & Reuse

 

Satelit InformasiAlasan Andrew Hidayat Mengapa Kita Harus Lakukan Reduce, Recycle & Reuse. Semua benda yang kita gunakan atau produk yang kita konsumsi memberikan dampak bagi planet kita. Sejumlah besar sumber daya alam dan energi dihabiskan selama proses produksi, dan sampah sisa konsumsi kita bagaimanapun caranya harus terserap.

Prinsip Reduce, Reuse, Recycle atau 3R menurut Andrew Hidayat merupakan strategi sederhana yang dapat kita terapkan secara mandiri untuk membatasi dampaknya terhadap planet ini.

Baca juga: 

10 Alasan Andrew Hidayat Harus Lakukan Reduce, Recycle & Reuse

Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh setiap tanggal 21 Februari, berikut ini kami paparkan 10 alasan mengapa kita harus menerapkan prinsip 3R:

Melestarikan Sumber Daya Alam

Mendaur ulang 1 ton kertas setara dengan menghemat 17 pohon dan 7.000 galon air. (Global Pics/Thinkstock)

Sumber daya alam planet Bumi sangat terbatas. Dengan menerapkan prinsip 3R, kita bisa mengurangi penggunaan sumber daya alam secara drastis. Menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA), mendaur ulang 1 ton kertas setara dengan menghemat 17 pohon dan 7.000 galon air.

Melestarikan Ruang Alam

Hamparan perkebunan sawit mengelilingi aliran Sungai Kampar di Provinsi Riau. Tiap tahun, pembukaan dan pembakaran lahan untuk dijadikan area perkebunan telah memunculkan bencana baru bagi masyarakat. Kabut asap beracun akibat pembakaran lahan menjadi ancaman kesehatan nyata bagi masyarakatnya. (Yunaidi/National Geographic Indonesia)

Pertambangan sumber daya alam dan pertanian skala besar sering merugikan ruang alam. Mengurangi permintaan untuk sumber daya ini dapat membantu melestarikan ruang alam tersebut.

Baca juga: 

Menghemat Energi

Pertambangan dan pemurnian mineral dan sumber daya alam lainnya untuk pembuatan barang-barang konsumsi merupakan proses yang memerlukan banyak sekali energi. Membatasi jumlah penggunaan energi untuk proses produksi dapat menghemat sejumlah besar sumber daya energi planet kita. Menurut Departemen Sumber Daya Alam  (DNR) Ohio , untuk membuat aluminium dari bijih bauksit membutuhkan energi 20 kali lebih banyak daripada menggunakan bahan daur ulang.

Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Sejumlah besar energi yang digunakan selama proses penambangan, pemurnian dan manufaktur berasal dari pembakaran bahan bakar fosil. Mendaur ulang setengah dari sampah rumah tangga kita yang bisa didaur ulang dapat menghemat 2.400 pon karbondioksida yang dilepaskan ke atmosfer.  Karbon dioksida adalah gas rumah kaca yang paling berpengaruh terhadap perubahan iklim.

Mengurangi Polusi
Tingginya tingkat polusi udara membuat pemandangan kawasan Jakarta Selatan terlihat samar seperti berselimut kabut tipis, Rabu (18/7/2012). (Iwan Setiyawan/Kompas)

Jumlah besar limbah yang berhubungan dengan konsumsi kita pasti menyebabkan polusi udara, tanah dan air. Misalnya,oli bekas tidak semestinya dibuang begitu saja karena dapat mencemari tanah dan air tawar. EPA memperkirakan sekitar  setiap tahun, ada 200 juta galon oli bekas dibuang dengan cara yang keliru.

Baca juga: 

Mengurangi Tempat Pembuangan Akhir (TPA)

Puluhan ternak sapi milik warga tengah asyik melahap tumpukan berbagai jenis sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Alak, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (Kompas.com/Sigiranus Marutho Bere)

Sebagian besar sampah yang kita buang berakhir di TPA. Seringkali sampah-sampah ini tidak dapat terurai secara alami dan membutuhkan waktu berabad-abad hingga akhirnya bisa terurai. Plastik, misalnya, membutuhkan waktu hingga 500 tahun untuk terurai. Tempat pembuangan sampah mengambil ruang berharga di planet ini serta merupakan sumber polusi udara, tanah dan air.

Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Industri yang dikembangkan untuk mendaur ulang barang dapat menjadi lapangan pekerjaan. Di Ohio hampir 100.000 lapangan pekerjaan tercipta pada tahun 2.000 karena adanya daur ulang sampah, menurut data DNR Ohio. Daur ulang menciptakan lapangan pekerjaan lima kali lebih banyak dibandingkan manajemen TPA.

Merangsang Diciptakannya Teknologi Baru

teknologi inovatif untuk menggabungkan bahan daur ulang ke dalam produk mereka. Teknologi baru ini pada akhirnya baik untuk planet kita.

Menghemat Uang

Belilah barang-barang yang benar-benar Anda butuhkan dan gunakan kembali barang-barang yang masih bisa dipakai untuk menghemat uang. Di banyak negara bagian Amerika, tarif yang dikenakan untuk membuang limbah bahkan lebih mahal daripada untuk mendaur ulangnya.

Baca juga: 

Menciptakan Masa Depan yang Berkelanjutan

Planet kita memiliki jumlah SDA dan kapasitas pengolahan sampah yang terbatas. Dengan 3R, kita tidak hanya mengurangi  dampak jangka pendek terhadap planet, tetapi kita telah menerapkan praktek-praktek yang berkelanjutan untuk generasi mendatang.

Penulis: Andrew Hidayat
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: