5 Kegiatan Jemaah Haji Selama di Mina

Liputan6.com, Jakarta – Mina adalah tempat yang disinggahi jemaah haji pada tanggal 8 Dzulhijah sebelum ke Arafah dan mereka yang berada di Mina tanggal 8 sampai tanggal 9 kemudian menuju Arafah.

Setelah itu, jemaah haji kembali dari wukuf di Arafah. Dan setelah mabit di Muzdalifah, mereka berada di Mina pada hari nahr, tasrik, dan malamnya sampai selesai melempar jumrah.

Di Mina terletak jumrah-jumrah yang dilontari dan di tempat itu Nabi Muhammad menginap di malam 9, 11, 12, dan 13 Dzulhijah. Di tempat itu pula dilakukan penyembelihan Hadyu dan ada masjid besar yang bernama Masjid Khoif.

Lalu,apa saja kegiatan yang dapat dilakukan selama rangkaian haji di Mina? Berikut kegiatan jemaah haji selama di Mina dikutip dalam buku Sejarah Haji & Manasik karya Halimi Zuhdy:

1. Sesampai di Mina, masuklah ke kemah-kemah yang telah disediakan oleh maktab. Beristirahatlah secukupnya untuk persiapan lempar jumrah aqabah.

2. Bergeserlah melaksanakan melontar jumrah aqabah agar bisa segera melaksanakan tahalul awal agar dapat terbebas dari larangan ihram. Sebaiknya minta mutawwif untuk memandu jalan ke jamarat.

“Sebelum melontar jumrah sebaiknya carilah tempat untuk janjian ketemu jika ada yang tersesat atau terlepas dari rombongan. Laksanakan melontar jamarot secara rombongan disertai pembimbing agar tidak tersesat,” tulis Zuhdy.

Di Mina, banyak terjadi kasus orang yang tersesat karena arah jalannya satu jalur. Jika salah ambil jalan, maka akan memutar jauh, padahal ditempuh dengan jalan kaki.

 

 

 

 

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: